Kamis, 03 Oktober 2013

5 Cara Menghemat Baterai Android



Android saat ini menjadi sebuah sistem operasi mobile paling populer, popularitasnya dikarenakan lengkapnya aplikasi dan fitur yang merupakan kelebihan dari Android itu sendiri adalah kemudahan pengguna untuk mengkustomisasi Android mereka agar sesuai dengan seleranya. Namun, karena saking banyaknya fitur yang mampu dijalankan perangkat bersistem Android ini, permasalahan datang dari konsumsi baterai yang cepat habis.
Beberapa penyebab baterai Android anda cepat habis adalah, menggunakan perangkat Android ketika sedang di charge. Seharusnya, anda membiarkan ponsel tersebut hingga dayanya penuh baru digunakan. Tapi, mungkin ada sesuatu yang membuat anda harus menggunakan perangkat Android anda, misalnya menerima telepon atau pesan.
Hal lain yang menyebabkan konsumsi daya Android anda rakus adalah penggunaan yang berlebihan, dengan mengaktifkan aplikasi yang sebenarnya tidak begitu anda butuhkan atau menggunakan kecerahan layar yang sangat terang.
Lalu, bagaimana cara menghemat baterai Android agar perangkat tersebut dapat menemani anda lebih lama diluar ruangan?
1. Saat pengisian baterai, matikan perangkat anda
Ini merupakan salah satu cara yang paling banyak dilakukan dan direkomendasikan untuk menghemat baterai. Android akan lebih cepat terisi ketika dalam posisi off, setelah dayanya penuh anda bisa menyalakannya kembali dan menggunakannya seperti semula.
2. Biarkan Android anda ketika mengisi baterai
Artinya anda sebaiknya tidak menggunakan ponsel Android anda ketika sedang dalam proses pengisian baterai. Logikanya, ketika android di isi dayanya dan digunakan, selain memperlambat proses pengisian baterai menjadi penuh juga akan merusak performa baterai, dan bisa menjadi kembung.
3. Menutup aplikasi yang tidak perlu
Kebanyakan pengguna kadang lupa untuk benar-benar keluar dari aplikasi yang telah mereka gunakan. Sebenarnya, jika anda hanya menekan tombol home saja bukan berarti aplikasi tersebut menutup, tapi hanya meminimize. Multitasking akan membuat kinerja Android anda semakin berat yang berarti memakan banyak daya baterai.
4. Kecerahan Layar
Layar sebuah perangkat Android memerlukan daya yang lumayan besar apalagi jika anda mensetnya di kecerahan yang tinggi. Selain bisa merusak mata anda, android dengan kecerahan layar tinggi akan memakan daya lebih besar. Sebisa mungkin kurangi kecerahan layar serendah mungkin, selama tampilannya masih jelas tidak ada salahnya.
5. Kernel Hemat Baterai
Bagi anda yang suka melakukan tweaking pada perangkat Androidnya, anda bisa mencari kernel yang memiliki fitur hemat baterai. Kernel tentu berpengaruh karena kernel merupakan dasar dari sebuah sistem operasi Android. Anda bisa mengunjungi forum-forum yang sering mendiskusikan mengenai Android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar